Menghafal Kosa – Kata Tanpa Terjemahan

Setelah belajar bahasa Korea selama hampir 5 bulan, saya rasa baru sedikit kosa – kata yang saya tahu. Memang selama lima bulan ini, saya tidak terlalu memaksa diri untuk menghafal kosa – kata, saya lebih fokus mempelajari berbagai akhiran kata kerja menggunakan kosa – kata sekedarnya. Itupun tidak benar – benar saya hafal, hanya karena saya pergunakan berulang – ulang makanya saya menjadi hafal. Bukannya tidak mau menghafal kosa – kata, saya hanya belum menemukan cara yang cocok saja untuk menghafalnya.

Awalnya saya mencoba cara biasa yang dilakukan banyak orang untuk menghafalkan kosa – kata, yaitu membuat daftar kosa – kata bahasa Korea yang dilengkapi terjemahan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia disebelahnya. Sayangnya cara ini kurang cocok untuk saya, karena meskipun saya baca dan hafalkan berulang – ulang setiap hari, akhirnya lupa lagi lupa lagi. Terus saya coba menghafalkan kosa – kata menggunakan Anki. Hasilnya lumayan, saya mulai hafal beberapa kosa – kata. Tapi karena saya menghafalkan menggunakan kumpulan kartu yang dibuat oleh orang lain, dan modelnya sama seperti menghafalkan daftar kosa – kata, saya jadi bosan akhirnya. Sudahlah tidak ada konteks kalimat, tidak ada gambarnya pula. Jadi ya berulang kali dihafal, lupa lagi lupa lagi.

Singkat cerita, saya akhirnya menemukan blognya Gabriel Wyner. Di salah satu tulisannya, Gabriel membahas tentang daftar 625 kosa – kata dasar untuk pertama yang sebaiknya dipelajari diawal belajar bahasa. Ke – 625 kosa – kata tadi, oleh Gabriel, disusun menjadi dua tipe. Pertama tipe sesuai kategori (misal: binatang, anggota badan, dll), dan tipe kedua yaitu daftar ke – 625 kosa – kata sesuai alfabet. Daftar sesuai alfabet inilah yang saya pergunakan.

Contoh sebagaian kosa – kata berdasarkan alfabet.

Di tulisan lain, Gabriel membahas tentang ‘Cara membuat daftar kosa – kata tanpa terjemahan‘ menggunakan Anki, yakni menggunakan gambar untuk menghafalkan kosa – kata. Metode untuk membuat daftar tersebut sebenarnya mudah. Kosa – kata yang ingin dihafalkan dimasukkan ke Anki beserta gambar yang berkaitan dan juga pelafalan kosa – kata tersebut. Pelafalan yang tepat dari setiap kosa – kata, kebanyakan sudah ada di website Forvo, sedangkan untuk gambar, tinggal cari saja menggunakan google. Masukkan semua daftar kosa – kata ke Anki, lalu dihafalkan deh.

Contoh kosa – kata yang saya buat

Cara menghafalkan kosa – kata yang dilengkapi dengan audio dan gambar ini nantinya akan ada tiga cara. Pertama dimunculkan kata dalam bahasa asing, kita harus menebak apa kira – kira arti dari kata tersebut. Kedua ditunjukkan gambar, kita harus menebak apa kata dalam bahasa asing untuk gambar tersebut. Ketiga akan dimunculkan gambar dan perintah ‘Spell this word’ yang memaksa kita mengasosiasikan gambar tersebut dengan suara yang kita dengar.

Reviewing card process

Belajar dengan cara ini asik sekali, meskipun ya proses memasukkan kosa – kata ke Anki beserta gambar dan suaranya adalah tantangan tersendiri menurut saya. Harus sabar dan telaten. Kalau tidak sabar, ya boro – boro 625 kata, baru 2o kata juga paling sudah menyerah. Hahaha. Selain itu, tantangan lainnya adalah menemukan gambar yang bisa merepresentasikan satu kosa – kata tertentu. Untuk kata benda seperti anjing, kursi, dan lainnya, hal ini tidak sulit. Tapi untuk kata – kata yang lebih abstrak, disinilah muncul kesulitannya. Sebenarnya si Gabriel ada menulis tentang membuat flash – card berbasis gambar untuk kosa – kata yang abstrak, tapi saya lupa dimana tulisannya. Coba aja pembaca oprek – oprek blognya si Gabriel.

 

Sekian dulu.

Semoga tulisan ini membantu.

Tinggalkan komentar jika ada pertanyaan.

Leave a Reply

