Ingin Berbicara Seperti Orang Korea Asli? Coba Cara Ini!

Orang Korea ngomongnya cepet banget!!!

Pada tulisan kali ini, saya ingin membahas hal yang paling ditakutkan oleh para Koreaners terutama bagi mereka – mereka yang baru mulai belajar. Apa itu? Jawabannya adalah; kecepatan berbicara orang Korea. Saya yakin bahwa pikiran seperti; “Buset dah, ni orang ngomong apa dah, cepet banget ngomong Koreanya T___T,” (lalu menangis di pojokan kamar), pasti bukan hanya terpikirkan oleh saya sendiri.

Saya yakin kalian juga baik yang baru maupun yang sudah 5 – 8 bulan belajar, masih mengalami kesulitan di bagian ini.Oleh karena itu, pada tulisan ini, saya akan memberikan tips sederhana yang bisa kalian praktekan sehari – hari. Setelah ~2 minggu kalian mempraktekan tips ini, saya yakin pelan – pelan kalian akan merasa, bahwa sebenarnya orang Korea itu ngomongnya biasa aja dan kalian juga bisa ngomong secepat mereka. 

Sebenarnya kalau kita mau perhatikan cara kita dan teman – teman kita ngomong bahasa Indonesia, kita akan sadar bahwa kecepatan kita berbicara bahasa Indonesia itu sebenarnya sama cepatnya dengan kecepatan orang Korea ngomong Korea. Cuman karena sudah bertahun – tahun kita berbicara bahas Indonesia, kita tidak merasa kesulitan lagi.

Tidak percaya? Coba bandingkan peserta kuis TTS di NET kalau lagi bercanda sama Cak Lontong dengan artis – artis Korea di reality show. Perhatikan kecepatan berbicara keduanya, dan kalian akan setuju dengan saya.

Okedeh dari pada panjang lebar berbasa – basi, ayo langsung kita mulai saja. 그럼, 시작합시다!!

 

Metode Utama: Metode Imitasi Percakapan

Metode imitasi ini sebenarnya sudah saya tulis di tulisan – tulisan sebelumnya, hanya saja di tulisan – tulisan tersebut, saya menggunakan istilah shadowing method alih – alih metode imitasi? Sesuai seperti namanya, metode imitasi ini adalah metode mempelajari intonasi, ritme, dan emosi bahasa Korea dengan cara mengimitasi/meniru cara orang Korea asli ketika mereka mengucapkan kalimat atau kata tertentu.

Bagaimana caranya? Gunakan video yang ada subtitle bahasa Koreanya!

Cara belajarnya sederhana. Pertama kalian cari video yang kalian sukai, tapi usahakan video tersebut tidak terlalu sulit untuk kalian ikuti. Dibawah nanti, akan saya rekomendasikan beberapa video sesuai dengan level kemampuan dan pengetahuan bahasa Korea dari mulai pemula hingga menengah. Oiya, semakin sering kalian mempraktekkan berbicara menggunakan metode ini, semakin meningkat kemampuan listening kalian.  Karena kemampuan listening kita lebih cepat meningkatnya jika kita belajar mendengar sambil mengucapkan/speaking. 

Satu hal yang pasti adalah, jangan gunakan reality show seperti Running Man dan sejenisnya untuk permulaan. Alasannya adalah; 1.) Bahasa yang digunakan kebanyakan bahasa – bahasa singkat, jadi kita susah mempelajari bahasa Korea yang baik 2.) Terlalu banyak canda dan tawa, akan sulit nantinya bagi kita untuk fokus 3.) Tempo percakapan terlalu cepat, hal ini bisa membuat hilang semangat terutama bagi Koreaners pemula.

Orang mengatakan, satu gambar bisa mewakili seribu kata. Pertanyanannya, berapa ribu kata yang bisa diwakilkan oleh sebuah video? Hitung sendiri. Hahaha. Jadi saya mikir gini, “daripada saya bahas panjang – panjang caranya dan kalian nanti pusing, lebih baik saya rekam aja diri saya sendiri ketika sedang mempraktekkan metode imitasi.”

Di video ini, perhatikan baik – baik bagaimana saya mencoba meniru apa yang Dave ucapkan di videonya tentang ungkapan – ungkapan gaul bahasa Inggris. (Oiya, jangan merasa terintimidasi ya dengan kecepatan bicaranya Dave. Santai saja, suatu saat kalian juga pasti bisa jika terus berlatih) Oke, mari kita tonton videonya. (Muka saya sengaja saya gelapkan, malu cuyy. Hahaha)

 

Video yang saya tonton:

 

Gimana, dari video saya diatas, kalian dapat kan maksud dari “Metode imitasi?” Jadi kita berusaha mengucapkan apa yang diucapkan orang di video disaat yang bersamaan dengan orang tersebut. Karena inilah kita membutuhkan video yang ada subtitle bahasa Koreanya. Sekarang, saya akan merekomendasikan beberapa video yang bisa dipelajari sesuai level kemampuan bahasa Korea kalian.

  1. Pemula Banget (belajar<1 bulan): Gunakan video – video cerita rakyat di channel youtube 핑크퐁 (인기 동요・동화) untuk latihan. https://www.youtube.com/watch?v=J9sSYM4EP94&list=PLhzBuObIigYNz3Ilm374z93O7FGBotu8n
  2. Pemula Gak Banget (Belajar ~2 bulan): Gunakan video interview TTMIK  untuk latihan. http://www.youtube.com/watch?v=HATjclY_Mq4
  3. Menengah Awal (Belajar ~ 3 – 4 bulan): Gunakan video IYAGI dari TTMIK (Tulis aja di youtube “TTMIK IYAGI” untuk latihan. http://www.youtube.com/watch?v=zHNk2omKjQk
  4. Menengah Lumayan Mantab (Belajar ~6 – 5 bulan): Gunakan video – video dari channel 유준호 (untuk yang laki – laki) dan video – video dari channel Lena’s Pocket Beauty (untuk yang perempuan). Oiya jangan kaget ya, meskipun saya laki – laki, saya tetap nonton video dari channel – nya si Lena. Karena lucu – lucu videonya 😀 . http://www.youtube.com/watch?v=Ggz2yXR-TwM
  5. Menengah Sudah Mantap ( Belajar ~7 – 9 bulan): Gunakan video – video dari channel 데이브 The World of Dave untuk latihan. Kontennya bervariasi, jadi tidak akan bosan nontonnya. http://www.youtube.com/watch?v=TTZlrBcpfcs
  6. Advance/Sudah Top Banget – Banget: Tonton terserah apa aja. Mau drama, Running Man, terserah kalian :).  

 

Selamat belajar~

3 thoughts on “Ingin Berbicara Seperti Orang Korea Asli? Coba Cara Ini!

  1. Hi, salam kenal… keren euy blog nya Btw gua suka korea dan pengen banget bisa belajar korea… tapi sekarang gue lebih prefer ke arabic… suka banget sama video nya dave yang di share… kira2 ada rekomendasi link kek video nya si dave juga gak tapi buat bahasa arab

    Thanks in advance

    Like

    1. Hai halo, salam kenal juga. Maaf untuk bahasa Arab aku kurang tau ya youtuber yang kaya si Dave, mungkin ada mungkin juga gaada. Coba brosing – brosing aja di mbah gugel. Oiya, bahasa Arab juga ada macam – maca dialeknya. Yang paling banyak video di yutub itu video yang pake bahasa Arab Fushah seperti di berita – berita atau yang pakai bahasa Amiyahnya Mesir. Ada juga stand up comedy yang pakai arab Amiyah. Intinya coba dicari aja deh 😀 . Semangat!

      Like

  2. Pingback: Effendi's Journal

Leave a Reply

